Pusat Ilmu Komputer, Berita IT Terkini, Harga Laptop, Blackberry, Tablet & Fitur, Download Software dan Ebook Gratis dan Service Blackberry

Solusi Komputer Lemot, hang, restart, dan blue screen

Share on :
Komputer Lemot, hang, restart, dan blue screen merupakan suatu penyakit komputer yang tidak bisa kita anggap remeh. Ada beberapa kemungkinan hal tersebut terjadi, nah pada kesempatan kali ini saya akan mengkhususkan membahas kemungkinan-kemungkinan tersebut, yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda.
 
Saya akan membahas satu persatu permasalahannya:
Bila Komputer lemot, lemot dalam pengertian sangat lama dalam proses eksekusi program atau ketika menjalankan program, lemot pada saat start up, atau separah-parahnya pada saat proses hang, kursor mouse tidak bisa digerakan sesaat. atau mungkin hang sama sekali dalam jangka waktu yang lama komputer tidak bisa bekerja, mouse tidak bisa digerakkan, keyboard tidak berfungsi.. nah kejadian seperti ini bisa disebabkan oleh:
  • Virus : kemungkinan file sistem anda telah terinfeksi virus, infeksi virus sangat beragam tergantung jenis dari virus itu sendiri, solusi terbaiknya adalah di install ulang, kenapa saya sarankan di install ulang karena itu pilihan yang tepat karna install ulang tidak membutuhkan waktu yang lama dan pasti dijamin virus tersebut akan hilang di system anda....virus jaman sekarang sangatlah sulit untuk dihilangkan walaupun di scan yang terjadi malah file-file sistem anda akan banyak terhapus oleh antivirus anda dan akan memakan waktu yang lama untuk membersihkannya maka solusinya lebih baik meng install ulang komputer anda.
  • penyebab kedua komputer lemot adalah hardisk anda butuh perawatan ekstra, mungkin anda jarang melakukan defrag atau chekdisk, cobalah anda defrag terlebih dahulu atau di chekdisk
  • jika anda telah melakukan hal tersebut tetap saja lemot, maka hardisk anda memang butuh di format kembali dengan jalan di install ulang.
  • Jika di install ulang tapi komputer anda masih lemot maka besar kemungkinan hardisk anda telah bermasalah bisa jadi sudah bad sector, langkah terbaik adalah segera ganti hardisk anda, backup semua data-data anda sebelum hardisk tersebut semakin parah. Pembahasan mengenai hardisk yang bad sector akan saya buat di postingan khusus yang berjudul Memperbaiki hardisk bad sector (tidak bisa di install)       

Bila komputer hang (berhenti bekerja) maka ada dua pengertian yaitu hang sesaat namun sering atau hang dalam waktu yang lama sampai komputer anda tidak bekerja sama sekali...nah untuk itu saya akan membahasnya satu persatu.
Hang sesaat namun sering
Bila komputer hang sesaat namun sering ini kemungkinan besar hardisk anda dalam keadaan tidak sehat jika hardisk anda belum terlalu parah anda mungkin bisa mengatasinya dengan cara mendefragnya atau menchekdisk....namun jika anda telah mendefrag atau men chekdisk tetap sering hang juga maka jalan satu-satunya anda harus memformat ulang hardisk anda dan menginstall ulang. Tapi bisa juga karna virus yang merusak sistem anda. maka jalan terbaiknya adalah menginstall ulang komputer anda.

Hang dalam waktu yang lama sampai komputer anda tidak bekerja sama sekali
Kejadian seperti ini besar kemungkinan karena virus yang merusak sistem anda...sehingga kinerja komputer dibuat pusing dan panas karena ulah virus tersebut. Namun bisa juga karena hardisk anda tidak dalam keadaan sehat atau terkena bad sector namun ini jarang terjadi...untuk memastikannya anda harus lakukan install ulang komputer anda.

Jika anda telah menginstal ulang namun masih juga hang atau sering hang...maka besar kemungkinan hardisk anda telah terkena bad sector...Pembahasan mengenai hardisk yang bad sector akan saya buat di postingan khusus yang berjudul Memperbaiki hardisk bad sector (tidak bisa di install)


Bila komputer sering restart
kejadian seperti ini besar kemungkinan karna dalam file sistem anda terdapat masalah biasanya karena ulah virus, namun bisa juga karena ada hardware yang tidak bekerja dengan baik saya mempunyai pengalaman pada saat mengalami kerusakan vga maka komputer saya sering restart sendiri. Dan juga saya pernah punya pengalaman di power supply, ketika power supply saya sudah tidak bagus maka sering kejadian restart sendiri.
Untuk memastikan apakah itu pengaruh virus atau hardware... cobalah anda repair windows anda atau lakukan install ulang komputer anda jika masih sering restart juga cobalah anda cek hardware anda seperti vga lihat apakah masih bekerja dengan benar periksalah apakah ada elco yang melendung atau coba ganti dengan vga yang lain untuk memastikannya, juga cek power supply anda apakah masih bekerja dengan baik atau coba anda ganti untuk memastikannya.


Bila komputer anda blue screen
dari pengalaman saya ada 2 kemungkinan besar yaitu

  1. Ram (memory) anda crash atau jika anda menggunakan 2 ram bisa jadi tidak cocok maka terjadi crash..coba lepas ram salah satunya atau anda coba satu persatu....jika anda menggunakan satu ram bisa jadi ram anda mengalami kerusakan coba ganti dengan ram lain.
  2. Hardisk anda ada sedikit masalah pada sectornya, sehingga file-file sistem di dalamnya mengalami kerusakan. Solusinya coba lakukan defrag dan chekdisk. Jika masih juga blue screen maka coba instal ulang komputer anda untuk memastikannya

jika kedua cara itu telah anda lakukan tapi masih blue screen juga kemungkinan besar masalah ada pada hardisk anda telah terkena bad sector. Pembahasan mengenai hardisk yang bad sector akan saya buat di postingan khusus yang berjudul Memperbaiki hardisk bad sector (tidak bisa di install)
    


demikian postingan saya yang berjudul Komputer Lemot, hang, restart, dan blue screen
semoga memberikan manfaat bagi anda jangan lupa kirimkan komentar ya bila ada yang kurang jelas dari tulisan saya..





15 komentar on Solusi Komputer Lemot, hang, restart, dan blue screen :

Galedeg mengatakan... 18 Juni 2012 00.46

Ajibbbb Sob infonya

Ismail Hasan mengatakan... 18 Juni 2012 02.01

Galedeg..thks atas komentnya dan atas kunjungannya

Narendra Rangga mengatakan... 3 Juli 2012 09.41

thanks infonya, met coba sob :D

ismail hasan mengatakan... 5 Juli 2012 01.29

thks juga Narendra Rangga..smoga bermanfaat

deAz mengatakan... 29 Agustus 2012 07.28

aslkm. mau tanya, beberapa waktu lalu saya ganti hardisk, kt teknisi,inya hardisknya ud gak idetect,ud di ganti, tp skrang tidk bisa msk ke windows, dan slalu ada peringatan " the operating system not found"

Ismail Hasan mengatakan... 29 Agustus 2012 19.29

@ deAz..the operating sistem not found..adalah pesan jika didalam hardisk belum ada sistem operasi maka hardisk tersebut harus diinstal dengan sistem operasi dulu seperti windows, atau linux..mengenai cara instal sangat banyak tutorialnya di google...semoga bermanfaat

sri jayanti mengatakan... 10 September 2012 20.49

Mohon ijin untuk mengaplikasikan ilmu pak hasan....terimakasih. widodo

Ismail Hasan mengatakan... 16 September 2012 20.10

ya sma2 silahkan..pak widodo..

Anonim mengatakan... 11 April 2013 14.24

ni mengenai bluscren untuk hardisk dah di ganti baru masih kena, untuk ram belum saya coba,

tapi gini mas ini bluscren cuma muncul 2x saja selanjutnya lancar aja, terus ketika dimatikan diistirahtkan beberapa jam blue scren muncul cuma 1x atau 2x aja mas selanjutnya lancar.

apakah mungkin pengaruh sama moniotor (Monitor menggunakana Tv POLYTROn 32") karena sebelum bluescren layar ga rapih atau hancur terus bluscren restar lancar lagi, apakah mungkin gara gara itu mas.

terimakasih mohon solusinya ya mas.

Samiyo Dindin mengatakan... 1 Mei 2013 06.08

keren gan jadi tambah pengetahuan nih seputar komputer. minta commentnya juga ya gan di http://bongkardong.blogspot.com

Anonim mengatakan... 12 Mei 2013 05.37

wah tolong donk ini saya beli laptop baru tapi sering nge hang gini.
hang'a laptop masih nyala trz masih jalan masih bisa buka sistem aplikasi tapi cuman hang'a berhenti sendiri + klo di reset tuh ngadat knp yaa gan??

rutini tini mengatakan... 9 Juni 2013 18.45

laptop acer 4741 sy akan instal windows 7 tapi tidak mau jalan prosesnya....dr INSTAL NOW hang disitu mllu.......kira-kira kenapa ya gan mslhnya?

roby andika mengatakan... 23 Juli 2013 03.39

mas komputer saya windows xp pentium 4..kenapa ketika saya mw instal ulang di pertengahan jadi hang.saya coba pake motherboard sp2 sama sp 3,tetep ja begitu.padahal tinggal sedikit lagi selesai..tolong ya mas pencerahannya..makasih banyak

Tanita Ing mengatakan... 2 Agustus 2013 10.14

Kalo saya gini, Blackberry saya diem jadi kaya hape mainan gitu,gabisa di apa2in:( trus gabisa mati,tanda panahnya pun hilang,kenapa ini? Tolong plis!!!

alvine123 mengatakan... 21 November 2013 03.47

Good posting, im subscribing to your rss. Thanks for sharing a very informative article. Many thanks once more
Dell - Refurbished - 13" Latitude Notebook - 4 GB Memory - 128 GB Hard Drive
Dell - 14" Latitude Ultrabook - 4 GB Memory and 128 GB Solid State Drive - Anthracite
Dell - Refurbished - 14" Latitude Notebook - 4 GB Memory - 320 GB Hard Drive - Black
Dell - Refurbished - 14" Inspiron Ultrabook - 6 GB Memory - 500 GB Hard Drive and 32 GB Solid State Drive - Moon Silver

Post a Comment and Don't Spam!