Pusat Ilmu Komputer, Berita IT Terkini, Harga Laptop, Blackberry, Tablet & Fitur, Download Software dan Ebook Gratis dan Service Blackberry

Mengambil data hardisk atau eksternal yang tidak bisa dibuka

Share on :

Saya akan membagi pengalaman saya ketika saya mengalami kerusakan hardisk secara tiba-tiba.. hardisk tersebut saya install sistem operasi windows..dan tidak ada tanda-tanda kerusakan apapun sebelumnya.. kejadiannya ketika pagi-pagi ketika saya nyalakan komputer dan sedang loading windowsnya tapi loadingnya sangat lama sekali dan ditunggu sampai 10 menit masih loading terus....akhirnya saya matikan dan saya coba nyalakan lagi tapi tetap sama...hanya loading- dan loading tapi tidak masuk ke sistem windowsnya...saya fikir hanya kerusakan biasa pada sistem windowsnya tapi ternyata tidak....saya coba instal ulang tapi ketika proses instalasi pada saat mendeteksi hardisk sangat lama sekali dan tidak bisa terbuka sehingga hardisk tersebut tidak bisa diinstal windows lagi..
akhirnya saya pakai jurus terakhir yaitu melepas hardisk dan membukanya di eksternal case..tapi alangkah kagetnya saya karena hardisk tersebut tidak bisa terdeteksi sama sekali..saya coba dibuka di komputer lain saya jadikan hardisk slave..tapi juga tidak terdeteksi...saya pun sempat putus asa karna banyak data yang penting di partisi d nya...
namun ada teman saya yang  menganjurkan membukanya di sistem operasi linux ....yang kebetulan dia memiliki linux tersebut live flashdisk....dan ia menjalankannya pada komputer yang telah saya pasang hardisk yang bermasalah tersebut..ternyata..hasilnya benar-benar jitu..hardisk terdeteksi dan data bisa diselamatkan..

jadi kesimpulannya adalah... hardisk tersebut terjadi kerusakan pada sektor-sektornya yang menyebabkan dia sangat berat membukanya karna dan sistem operasi windows membaca partisi dengan format ntfs..atau fat..dan windows tidak mampu membuka karna format ntfs atau fat tersebut terjadi kerusakan...
namun kenapa sistem operasi linux bisa membukanya???
karena sistem operasi linux sangat ringan dan enteng untuk dijalankan dan mampu mendeteksi format hardisk apapun walaupun format hardisk ntfs atau fat yang rusak sekalipun..
demikian postingan saya yang berjudul Mengambil data hardisk atau eksternal yang tidak bisa dibuka
 mudah-mudahan bisa bermanfaat

5 komentar on Mengambil data hardisk atau eksternal yang tidak bisa dibuka :

galaktosa blogspot mengatakan... 21 Maret 2013 pukul 08.26

makasih gan atas sharenya

Anonim mengatakan... 28 April 2013 pukul 01.14

Buang aja trus beli ƔάϞƍ baru repot2 aja............

Anonim mengatakan... 7 Juli 2013 pukul 04.20

Mantap Gan... Bisa DiCoba Itu

Unknown mengatakan... 1 Desember 2013 pukul 18.25

thanks gan buat infonya

Unknown mengatakan... 31 Maret 2015 pukul 05.29

Kalau hardisk nya gak kedetek dibios gimana

Post a Comment and Don't Spam!