Pusat Ilmu Komputer, Berita IT Terkini, Harga Laptop, Blackberry, Tablet & Fitur, Download Software dan Ebook Gratis dan Service Blackberry

Solusi Komputer tidak mau di install

Share on :


Solusi Komputer tidak mau di install
Pernahkan anda mengalami, ketika anda hendak menginstal ulang komputer tapi komputer tersebut tidak mau di install atau anda hendak menginstal ulang komputer anda tapi selalu gagal. Kegagalan instal tersebut bisa ditandai dengan blue screen, hang, atau tiba-tiba mati atau restart.

Jika anda pernah atau mungkin suatu saat mengalami hal tersebut maka saya akan membagikan pengalamannya kepada anda mudah-mudahan bisa diambil pelajaran dari pengalaman saya tersebut.

Komputer ketika di instal ulang pasti dia memeriksa keadaan hardware yang berada didalam komputer tersebut, apakah hardware tersebut cocok atau apakah hardware tersebut ada kerusakan atau crash..

permasalahan ini yang menyebabkan komputer yang tidak mau di install, biasanya komputer akan blue screen atau hang....anda tidak usah khawatir..ada beberapa alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut
cara tersebut adalah
  • Bila anda menggunakan ram/memori lebih dari satu....maka kemungkinan salah satu ram tersebut ada yang crash..atau tidak cocok, coba anda ganti ram tersebut atau coba gunakan 1 ram saja untuk mengetesnya..
  • coba ganti hardisk anda dengan hardisk yang lain ...ada kemungkinan hardisk anda mengalami bad sector..walaupun komplit pada proses format tidak menjamin hardisk anda dalam keadaan sehat. untuk masalah hardisk secara detail anda baca artikel saya yang berjudul Solusi Komputer Lemot, hang, restart, dan blue screen
  •  Bila kedua langkah tersebut sudah anda jalani tapi tetap saja komputer tidak mau di install...maka pilihan terakhir ada pada processor anda tidak cocok dengan motherboard anda.. Maka tukarlah dengan processor lain atau dengan motherboard lain....atau bisa juga karna ada kerusakan pada processor dan juga ada kerusakan pada motherboard anda..segera ganti salah satunya jika kerusakan pada Motherboard maka walaupun di ganti processor maka tetap sama saja bermasalah...juga sebaliknya jika processor anda ada kerusakan maka walaupun ganti motherboard akan tetap sama bermasalah...
demikian lah Solusi Komputer tidak mau di install..yang merupakan pengalaman saya di seputar permasalahan komputer....mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda...
Jangan lupa tulis komentar ya jika ada pertanyaan..






21 komentar on Solusi Komputer tidak mau di install :

fadil mengatakan... 27 November 2012 09.25

mas klo kna virus , gmana ? waktu di instal blue screen , cek vrirus katae...

Ismail Al-Hasan mengatakan... 28 November 2012 20.59

itu bukan virus...tapi kemungkinan besar karna permasalahan di hardisk yang sudah kurang bagus kondisinya....tapi bisa juga kemungkinan di hardware lain seperti ram dan mainboard tapi sangat jarang...coba ganti kabel data hardisknya dengan kabel yang lain..jika tidak bisa juga coba tes dengan hardisk lain jika ada...namun jika keduanya telah di tes namun masih sama maka coba ganti ramnya...jika masih bermasalah juga maka mainboardnya sudah tidak beres..moga membantu

Anonim mengatakan... 3 Desember 2012 06.53

Bro, klo recovery hd dgn bad sector gmana ? Udh coba make warez kaya hdd reg, tetap aja hd gak bisa diinstal.

Ismail Al-Hasan mengatakan... 8 Desember 2012 07.37

coba fornat nebggunakan program LLF (low level format) kalau tdk bisa juga ya memang sudah umurnya atau memang sudah rusak permanent

winfreeaz mengatakan... 10 Desember 2012 09.25

Kegagalan / tidak bisa instal ulang bisa disebabkan beberapa hal, salah satunya bisa disebabkan konfigurasi harddisk, yaitu Sata atau Ide yg digunakan, atau dalam istilah lain S-ATA dan P-ATA, atau dlm bentuk kompatibel S-ATA dan P-ATA, dan ini dilakukan lewat bios. Pengaturan ini lazimnya digunakan untuk XP SP2 yg original (tanpa tambahan driver sata). Untuk Windows 7 dan 8, SATA dan IDE tidak masalah.
Untuk kerusakan harddisk, coba gunakan Harddisk Regenerator. Cara penggunaannya silahkan dicari di mbah google.

Ismail Al-Hasan mengatakan... 11 Desember 2012 17.17

winfreeaz trimakasih bnyk atas informasinya..informasi yg sangat bermanfaat

jousuf mengatakan... 18 Januari 2013 00.18

kompi saya rusak berat nih...kalau gitu alamat siap kuras dompet nih....ya udah makasi gan slam kenal

coret mengatakan... 1 Februari 2013 04.41

netbook saya tdk bisa di instal ulang..
. ketika mau membuting dari cd , pc langsung restar sendiri,,,,
dahh coba berkali-kali tv ttap td bisa,
Nah solusinya gmna mas ??

Ismail Al-Hasan mengatakan... 2 Februari 2013 08.03

untuk coret..kemungkinan besar itu karna panas yang over pada notebook anda..panas tersebut berasal dari chipset di motherboard atau dari processor atau mungkin karna pendingin pada processor yang sudah kotor dan harus dibersihkan...semoga membantu..

Willys Dirgantara Mudana mengatakan... 16 April 2013 19.53

mas,kalo komputer bisa diinstal ulang trus pas diinstal progam seperti office atau pdf kok ga bisa ya?tapi kalo diinstal game malah mau...makasih.

Willys Dirgantara Mudana mengatakan... 16 April 2013 20.49

mas,kalo komputer bisa diinstal ulang trus pas diinstal progam seperti office atau pdf kok ga bisa ya?tapi kalo diinstal game malah mau...makasih.

Web Hosting Bagus mengatakan... 20 April 2013 09.09

artikelnya sama persis seperti yang ane alami mas, thanks mas infonya.

Salam Kenal,
STUDIOBAGUS.COM

Web Hosting Bagus mengatakan... 20 April 2013 09.09
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Andi Agus S. mengatakan... 7 Mei 2013 07.21

PC ane bisa di instal sih,tapi nyampe pertengahan instalasi prosesnya berhenti,DVD Roomny mati,tapi dvdnya tetep berputar..
gimana kalo gitu gan solusinya???

bongkardong.blogspot.com mengatakan... 14 Mei 2013 15.00

wah nice share gan. saya juga kadang mengalami hal ya ng sama dengan agan

BELAJAR .......... mengatakan... 18 Mei 2013 10.50

saya mo nanya ne...saya mo instal notebook toshiba,setelah setengah jalan notebook saya blue screen,sya cek memori,hardisk,tidak masalah.trus gimana solusinya mas???TQ

Aku lemot mengatakan... 26 Mei 2013 21.29

Mas Mau Tanya ..Waktu saya nyalain laptop itu keluar bunyi bep yang panjang .trus chek ram sama hardik itu normal,,
Tapi setiap nyalain sama retars laptop bunyi beep panjang itu keluar ??
solusinya gmana mas

rizal mutaqien mengatakan... 12 Juni 2013 07.30

mas saya mau nanya , sayan mau install ulang window tapi pas mau booting kok ada pesan ntdlr is missing ... gimana solusinya, thankss...

Tatang Hasbuloh mengatakan... 1 November 2013 06.23

malem om saya mau nginstal ulang tapi setelah ada tulisan press any key from cd komputer tidak mau baca cdnya malah langsung buka windownya sendiri padahal cd and cd roomnya bagus alias jalan pengaturan apa yang salah ya om? thank's banyak ya;;;

penjelajah124 mengatakan... 31 Januari 2014 17.14

gan ana mau tanya nih komputer ane susah di install ulang awalnya sih kena virus,,, terus ada solusi ga untuk menghapus virus sudah menjangkit sebab dulu walaupun sudah di install si virusnya balix lg malah sekarang semakin banyak,,,, yang tahu tolong solusinya yach.. thanx's,,,,,

nanto grecol mengatakan... 4 Februari 2014 16.30

Permisi gan numpang tanya neh mainboard ane diinstal ulang ga bisa berenti nyampai starting up padahal hdd and RAM diinstal dimainboard yg lain ga da masalah dicoba ganti ram nd HDD tetep bgtu gan padahal bios ok

Post a Comment and Don't Spam!