Pusat Ilmu Komputer, Berita IT Terkini, Harga Laptop, Blackberry, Tablet & Fitur, Download Software dan Ebook Gratis dan Service Blackberry

Bagian / Komponen Dasar Komputer

Share on :
Bagian / Komponen Dasar Komputer 


Komputer secara garis besar dimata orang awam terdiri dari 2 komponen besar yaitu  1 buah CPU dan 1 buah monitor. Ya.....pendapat orang awam tersebut secara garis besar memang benar...tapi untuk menyempurnakan garis besar tersebut...saya akan menjabarkan secara detail, singkat dan jelas...marilah kita bedah bagian dalam komputer tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini




Sumber gambar: id.wikipedia.com



Keterangan Gambar

1: Monitor
2: Motherboard
3: slot processor 
4: Slot ATA
5: ram
6: Slot PCI
7: Power Supply
8: Dvd room
9: Hardisk
10: Keyboard
11: Mouse









Motherboard
motherboard
Motherboard merupakan salah satu perangkat dalam komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan lain seperti: Processor, memory, kabel-kabel data (penghubung) hardisk, Flopy disk, Card (kartu) sepeti: VGA Card, NIC (kartu jaringan) dan lain sebagainya.

Processor
processor
Processor yaitu sebuah Chip yang merupakan otak pemroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer dapat bekerja satu dengan lainya.

RAM
ram
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random.

Video Card
video card
Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor.

POWER SUPPLY
Masih bagian dalam komputer, yang tersimpan dalam CPU yaitu power supply. Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC rumahan adalah jenis ATX. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
Bagian belakang terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. Juga terdapat fan atau kipas angin, yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak power supply tersebut. Bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU atau motherboard.
Tentu saja listrik yang mengalir sudah minim atau diperkecil. Sedangkan di power supply itu sendiri voltase listrik masih besar, sehingga dilarang keras menyentuhnya

1 komentar:

Unknown mengatakan... 15 Januari 2013 pukul 02.40

by izoel

Post a Comment and Don't Spam!