Pusat Ilmu Komputer, Berita IT Terkini, Harga Laptop, Blackberry, Tablet & Fitur, Download Software dan Ebook Gratis dan Service Blackberry

cara mengatasi komputer lemot, hang, restart sendiri

Share on :

kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi komputer lemot, hang, restart sendiri 

komputer lemot, hang, restart sendiri merupakan suatu penyakit komputer yang tidak bisa kita anggap remeh. Ada beberapa kemungkinan hal tersebut terjadi, nah pada kesempatan kali ini saya akan mengkhususkan membahas kemungkinan-kemungkinan tersebut, yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda.
 
Saya akan membahas satu persatu permasalahannya:
Bila Komputer lemot, lemot dalam pengertian sangat lama dalam proses eksekusi program atau ketika menjalankan program, lemot pada saat start up, atau separah-parahnya pada saat proses hang, kursor mouse tidak bisa digerakan sesaat. atau mungkin hang sama sekali dalam jangka waktu yang lama komputer tidak bisa bekerja, mouse tidak bisa digerakkan, keyboard tidak berfungsi.. nah kejadian seperti ini bisa disebabkan oleh:
  • Virus : kemungkinan file sistem anda telah terinfeksi virus, infeksi virus sangat beragam tergantung jenis dari virus itu sendiri, solusi terbaiknya adalah di install ulang, kenapa saya sarankan di install ulang karena itu pilihan yang tepat karna install ulang tidak membutuhkan waktu yang lama dan pasti dijamin virus tersebut akan hilang di system anda....virus jaman sekarang sangatlah sulit untuk dihilangkan walaupun di scan yang terjadi malah file-file sistem anda akan banyak terhapus oleh antivirus anda dan akan memakan waktu yang lama untuk membersihkannya maka solusinya lebih baik meng install ulang komputer anda.
  • penyebab kedua komputer lemot adalah hardisk anda butuh perawatan ekstra, mungkin anda jarang melakukan defrag atau chekdisk, cobalah anda defrag terlebih dahulu atau di chekdisk
  • jika anda telah melakukan hal tersebut tetap saja lemot, maka hardisk anda memang butuh di format kembali dengan jalan di install ulang.
  • Jika di install ulang tapi komputer anda masih lemot maka besar kemungkinan hardisk anda telah bermasalah bisa jadi sudah bad sector, langkah terbaik adalah segera ganti hardisk anda, backup semua data-data anda sebelum hardisk tersebut semakin parah. Pembahasan mengenai hardisk yang bad sector akan saya buat di postingan khusus yang berjudul Memperbaiki hardisk bad sector (tidak bisa di install)       

Bila komputer hang (berhenti bekerja) maka ada dua pengertian yaitu hang sesaat namun sering atau hang dalam waktu yang lama sampai komputer anda tidak bekerja sama sekali...nah untuk itu saya akan membahasnya satu persatu.
Hang sesaat namun sering 
Bila komputer hang sesaat namun sering ini kemungkinan besar hardisk anda dalam keadaan tidak sehat jika hardisk anda belum terlalu parah anda mungkin bisa mengatasinya dengan cara mendefragnya atau menchekdisk....namun jika anda telah mendefrag atau men chekdisk tetap sering hang juga maka jalan satu-satunya anda harus memformat ulang hardisk anda dan menginstall ulang. Tapi bisa juga karna virus yang merusak sistem anda. maka jalan terbaiknya adalah menginstall ulang komputer anda.

Hang dalam waktu yang lama sampai komputer anda tidak bekerja sama sekali 
Kejadian seperti ini besar kemungkinan karena virus yang merusak sistem anda...sehingga kinerja komputer dibuat pusing dan panas karena ulah virus tersebut. Namun bisa juga karena hardisk anda tidak dalam keadaan sehat atau terkena bad sector namun ini jarang terjadi...untuk memastikannya anda harus lakukan install ulang komputer anda.

Jika anda telah menginstal ulang namun masih juga hang atau sering hang...maka besar kemungkinan hardisk anda telah terkena bad sector...Pembahasan mengenai hardisk yang bad sector akan saya buat di postingan khusus yang berjudul Memperbaiki hardisk bad sector (tidak bisa di install)


Bila komputer sering restart
kejadian seperti ini besar kemungkinan karna dalam file sistem anda terdapat masalah biasanya karena ulah virus, namun bisa juga karena ada hardware yang tidak bekerja dengan baik saya mempunyai pengalaman pada saat mengalami kerusakan vga maka komputer saya sering restart sendiri. Dan juga saya pernah punya pengalaman di power supply, ketika power supply saya sudah tidak bagus maka sering kejadian restart sendiri.
Untuk memastikan apakah itu pengaruh virus atau hardware... cobalah anda repair windows anda atau lakukan install ulang komputer anda jika masih sering restart juga cobalah anda cek hardware anda seperti vga lihat apakah masih bekerja dengan benar periksalah apakah ada elco yang melendung atau coba ganti dengan vga yang lain untuk memastikannya, juga cek power supply anda apakah masih bekerja dengan baik atau coba anda ganti untuk memastikannya.


Bila komputer anda blue screen
dari pengalaman saya ada 2 kemungkinan besar yaitu

  1. Ram (memory) anda crash atau jika anda menggunakan 2 ram bisa jadi tidak cocok maka terjadi crash..coba lepas ram salah satunya atau anda coba satu persatu....jika anda menggunakan satu ram bisa jadi ram anda mengalami kerusakan coba ganti dengan ram lain.
  2. Hardisk anda ada sedikit masalah pada sectornya, sehingga file-file sistem di dalamnya mengalami kerusakan. Solusinya coba lakukan defrag dan chekdisk. Jika masih juga blue screen maka coba instal ulang komputer anda untuk memastikannya

jika kedua cara itu telah anda lakukan tapi masih blue screen juga kemungkinan besar masalah ada pada hardisk anda telah terkena bad sector. Pembahasan mengenai hardisk yang bad sector akan saya buat di postingan khusus yang berjudul Memperbaiki hardisk bad sector (tidak bisa di install)
    


demikian postingan saya yang berjudul cara mengatasi komputer lemot, hang, restart sendiri 
semoga memberikan manfaat bagi anda jangan lupa kirimkan komentar ya bila ada yang kurang jelas dari tulisan saya..

4 komentar on cara mengatasi komputer lemot, hang, restart sendiri :

Unknown mengatakan... 4 Januari 2014 pukul 21.51

terima kasih atas postingan yang anda buat sehigga saya bisa lebih tau tentang komputer.
thank you brother

bilawal mengatakan... 6 Januari 2016 pukul 09.26

Jasa Service Komputer Panggilan

Kami melayani jasa services komputer panggilan
Services komputer antar/jemput bagi anda
Jika ingin services komputer silahkan Hubungi
Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi Kami
Maka Kami akan pergi ketempat anda


Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

Software :
1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)

Hardware :
1. Mati total
2. Tidak Tampil
3. Bunyi Bunyi
4. BlueScreen
5. Lemot
6. Tidak Bisa Masuk Windows
7. Sering Hang,Restart
8. Installasi Lan/Wireless

Silahkan Hubungi Kami
081294209696
Bilawal.rifai96@gmail.com
http://www.mataharikomputer.com

Cara Mengobati Pengapuran Tulang Lutut mengatakan... 16 Maret 2016 pukul 21.30

tarima kasih jadi menambah wawasan ilmu nih.!

Unknown mengatakan... 28 Maret 2016 pukul 20.01

makasih gan infonya :)


Isi Ulang Voucher Pulsa , Token , Maupun Bayar PPOB Secara Online Selain Mudah Juga Bisa di Lakukan Kapan dan Di mana saja Anda Membutuhkannya.Klik Sekarang www.serbabayar.com Layanan Beli Online Terpercaya Buka 24 Jam.

Post a Comment and Don't Spam!