Pusat Ilmu Komputer, Berita IT Terkini, Harga Laptop, Blackberry, Tablet & Fitur, Download Software dan Ebook Gratis dan Service Blackberry

software untuk melihat driver komputer/laptop

Share on :
Kali ini saya akan membahas pengalaman saya yang lain.. yaitu software untuk melihat driver komputer/laptop yaitu mengenai bagaimana cara mengentahui dan mendeteksi driver pada komputer atau laptop kita.

Apabila anda seorang teknisi komputer atau mungkin seorang IT, pastilah sudah mengerti arti dari judul postingan saya ini, tapi bagi anda yang  masih pemula baiklah saya akan menjelaskannya....
Pernahkan anda menginstal ulang komputer/laptop? jika pernah maka setelah instalasi komplit dengan sistem operasi yang telah kita instal misalnya windows XP, Vista, atau 7....pastilah komputer/laptop yang baru di instal tadi meminta driver dari perangkat komputer anda seperti :

  • Chipset (di motherboard)
  • vga baik card maupun yang onboard
  • lan baik card maupun yang onboard
  • sound baik card maupun yang onboard
  • wireless card (laptop)
  • dan semua perangkat tambahan lain misalnya : Printer, Scanner, tv tuner, bluetooth, modem dll
Semua perangkat diatas memerlukan driver agar bisa kita gunakan, jadi intinya driver itu adalah sebuah file-file sistem yang digunakan agar support dengan sistem operasi kita, sehingga alat tersebut dapat digunakan..
contohnya sound jika tidak ada drivernya atau tidak diinstal drivernya maka sound tersebut tidak mengeluarkan suara..begitu juga printer jika tidak di install drivernya pasti tidak dapat digunakan karna tidak dikenal oleh sistem operasi kita.
Dengan kata lain driver adalah sebagai jembatan/penghubung antara alat dengan komputer....
Oleh karena ini yang jadi permasalahannya adalah bagaimana jika sebuah komputer/laptop akan kita instal ulang tapi kita tidak punya drivernya....  anda tidak usah khawatir, asal anda membaca tulisan saya dibawah ini anda akan menemukan solusinya..

Caranya cukup mudah..setelah anda instal ulang komputer maka installah program driverfetch..anda bisa dapatkan di SINI..

Setelah anda instal maka jalankanlah software tersebut 


lalu klik start scan tunggu sampai proses selesai...


nah saran saya setelah selesai jangan pilih get driver tapi pilihlah exporter dan klik export
dengan cara ini anda bisa download driver tersebut di komputer lain yang terkoneksi internet...

lalu hasil ekspor tersebut anda buka di komputer lain yang terkoneksi internet nah anda tinggal pilih driver mana yang perlu anda download,,jangan sampai dobel karena terkadang software tersebut banyak merekomendasikan driver lain...

jika ada pertanyaan maka kirimkan di kotak dialog dibawah..

0 komentar on software untuk melihat driver komputer/laptop :

Post a Comment and Don't Spam!